Coastal Planning
Tentang

Sains Lingkungan Kelautan

Sejalan dengan program pengembangan ITERA yang tertera dalam Masterplan Percepatan Pembangunan Kampus ITERA 2017-2027 dengan SK Rektor nomor 1515/IT9.A/LL/2017, maka dilakukan rencana pembukaan beberapa program studi baru, salah satunya adalah Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA. Pendirian prodi baru ini dilakukan dalam rangka pemenuhan kebutuhan sumber daya manusia yang dapat menerapkan ilmu atau bidang Sains Lingkungan Kelautan dalam pemanfaatan sumber hayati laut khususnya di Sumatera dan sekitarnya.

Sains Lingkungan Kelautan

Sains Lingkungan Kelautan adalah program studi di Institut Teknologi Sumatera yang bertujuan menyelenggarakan pendidikan dan pengembangan mengenai kajian proses bio-geo-kemiko-fisis laut dan interaksinya dengan lingkungannya (dalam badan air laut, di bawah laut dan di atas laut).

Lulusannya diharapkan selain mempunyai pengetahuan dasar mengenai bio-geo-kemiko-fisis laut juga mempunyai kemampuan menyusun perencanaan, pengelolaan dan pemanfaatan (planning, management dan utilization) sumber daya laut (hayati dan nirhayati) yang berkelanjutan.

Izin Pembukaan Program Studi

Izin Pembukaan Program Studi Sains Lingkungan Kelautan Program Sarjana pada Institut Teknologi Sumatera di Kabupaten Lampung Selatan berdasarkan SK Program Studi No. 761/KPT/I/2019 tanggal 23 August 2019

TUJUAN

Sains Lingkungan Kelautan

Tujuan dari Program Studi Sains Lingkungan Kelautan adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki keilmuan dengan daya saing tinggi di bidang eksplorasi, eksploitasi dan konservasi sumberdaya laut
  2. Memberikan kontribusi ilmu yang berorientasi pada bidang eksplorasi, eksploitasi dan konservasi sumberdaya laut yang bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.

Berdasarkan hal-hal diatas, maka dapat dirangkum beberapa manfaat Program Studi Sains Lingkungan Kelautan ITERA yang diharapkan diantaranya:

Program Studi Sains Lingkungan Kelautan yang berdiri nantinya diharapkan dapat menjadi center of excellence pengembangan ilmu pengetahuan dan penelitian di bidang kelautan di Sumatera serta dapat bekerjasama secara multi keilmuan dengan bidang keilmuan lainnya.

  • Program Studi ini diharapakan mampu memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang Kelautan baik dalam skala lokal, nasional, regional dan internasional.
  • Lulusan dari prodi ini diproyeksikan menjadi generalist sehingga nantinya akan mampu secara fleksibel berkarya dan bekerja di segala bidang terkait kelautan.
  • Lulusan prodi ini diharapkan mampu melakukan perencanaan, pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya laut (hayati dan nirhayati) secara berkelanjutan di wilayah Sumatera khususnya dan Indonesia secara umum sehingga mampu mengoptimalkan segala Sumberdaya yang dimiliki secara berkelanjutan

Lulusan prodi ini diharapkan mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di sektor kelautan dan memberikan dan menerapkan solusi maupun alternative solusi untuk permasalahan tersebut

  • Meningkatkan angka partisipasi peserta yang berminat pada program studi Sains Lingkungan Kelautan.
  • Tersedianya Sarjana dibidang Sains Lingkungan Kelautan untuk menunjang kelestarian lingkungan laut melalui perencanaan, pengelolaan dan pemanfaatan (planning, management dan utilization) sumber daya laut (hayati dan nirhayati) yang berkelanjutan.

Visi dan Misi

Close Menu